Apakah Hakikat Penelitian Pendidikan Itu?
Umumnya, sebuah penelitian disebutkan sebagai sebuah proses (kegiatan) pengumpulan data dan meng-analisis data yang dilaksanakan dengan jalan yang sistematis dan logis yang bertujuan untuk mencapai kesimpulan-kesimpulan tertentu. Pengumpulan dan analisis data tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan metode-metode ilmiah, metode-metode penelitian tersebut bisa bersifat kualitatif ataupun kuantitatif. Metode-metode yang disebutkan (kualitatif dan kuantitatif) telah melalui berbagai pengujian yang dilaksanakan secara intensif sehingga saat ini sudah menjadi prosedur-prosedur yang dianggap baku dalam dunia penelitian.
Tujuan penelitian diataranya adalah untuk mengupayakan perkembangan ilmu pengetahuan atau mengembangkan dan menguji sebuah teori atau gabungan dari pendapat-pendapat yang diketahui. Pada lingkup upaya mengembangkan ilmu pengetahuan, Welberg (1986) menyebutkan ada lima langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian, yaitu:
- mengidentifikasi masalah penelitian
- melakukan studi empiris
- melakukan replikasi atau pengulangan
- menyatukan (sintesis) dan mereviu, dan
- menggunakan dan mengevaluasi
Dikemukakan oleh Sukardi (2005), terdapat ciri-ciri penelitian yang memiliki dasar positivis, antara lain:
- Menekankan objektivitas secara universal dan tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu.
- Menginterpretasi variabel yang ada melalui peraturan kuantitas atau angka.
- Memisahkan antara peneliti dengan objek yang hendak diteliti.
- Menekankan penggunaan metode statistik untuk mencari jawaban permasalahan yang hendak diteliti.
Sumber-Sumbr Rujukan Untuk Lebih Memahami tentang Hakikat Penelitian Pendidikan:
- PENELITIAN PENDIDIKAN.pdf (Departemen Pendidikan Nasional - download sini)
- HAKEKAT PENELITIAN PENDIDIKAN.PDF (download sini)
- Hakikat Penelitian Pendidikan (Sebuah Rangkuman Singkat - download sini)
- PENGANTAR TENTANG PENELITIAN PENDIDIKAN (download sini)