Cara Mengutip, Menulis Kutipan dari Internet

Author:
Cara Mengutip, Menulis Kutipan dari Internet: Mengutip merupakan bagian dari setiap kegiatan menulis. Pengutipan berupa gagasan, ide atau pernyataan peneliti atau penulis sebelumnya bisa saja diambil dari sumber online (internet), dokumen digital (pdf, doc, docx, dsb), dokumen diatas kertas (buku, jurnal, tesis, portofolio, dsb.). Ke-ilmiahan sebuah tulisan akan terasa begitu kental dengan adanya kutipan-kutipan. Kutipan-kutipan yang diambil dari sumber terpercaya, mendapat pengakuan banyak kalangan terpelajar, dan sudah terbukti ke-akurat-an-nya bisa mempengaruhi mutu dari sebuah tulisan, ide atau gagasan seorang penulis yang mengutip. Semakin kuat kuda-kudanya (ie. landasan, pondasi, dll.). Semakin kokoh sebuah tulisan, akan semakin sulit untuk ter-bantah-kan.

Cara Menulisa Kutipan Online, mengutip dari internet

Pada Posting Havia sebelumnya kita sudah membahas tentang cara-cara menulis kutipan dari jurnal, tesis, buku, dsb (dokumen diatas kertas). Silahkan menuju halaman posting tersebut bila sobat berminat. Kita sudah juga menuliskan sebuah tutorial teknik-teknik menulis catatan kaki dan daftar pustaka pada postingan lainnya. Silahkan dimanfaatkan untuk mendalami gaya-gaya penulian sumber rujukan tersebut.


Kami membedakan halaman pembahasan dari masing-masing topik yang disebutkan dengan tujuan agar orang tidak lagi ada yang salah kaprah dengan istilah-istilah tersebut. Banyak dari penulis pemula masih terkecoh, mereka masih belum ngeh bahwa yang dimaksud dengan "Menutip" dengan "menulis catatan kaki" atau "daftar pustaka". Disini akan kami singgung sedikit untuk memperjelasnya. Mengutip adalah menuliskan kembali apa yang ditulis di sumber rujukan sedangkan daftar pustaka adalah penyebutan sumber tulisan beserta informasi-informasi yang harus disebutkan menurut gaya penulisan tertentu.

Baiklah, kita akan kembali pada pokok pembahasan kita "Cara menulis Kutipan dari Internet". Tim Havia akan coba memberikan contoh cara mengutip dari sumber online menurut apa yang diketahui dan telah diterapkan dalam berbagai jenis karya tulis seperti skripsi, tesis, jurnal, makalah dan lain sebagainya. Ini dia cara-cara mengutip dari internet beserta contohnya:

Misalkan, Sobat Havia hendak menguitp dari laman tentang "sejarah mesin fotocopy" yang terdapat pada halaman posting blog "https://haviafotokopi.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-mesin-fotokopi-sejarah-dan.html" mengisahkan perjuangan Chester Carlson, penemu mesin fotocopy, dalam mewujudkan mimpinya. Berikut cara menulis kutipan tersebut.

Sebelum menunjukkan cara pengutipan langsung dan tidak langsung dari sumber internet, terlebih dahulu ingin ku-kata-kan disini, bahwa ada banyak sekali jenis format penulisan kutipan untuk kutipan langsung atau kitpan tak langsung pada karya tulis ilmiah, seperti; APA, MLA, MHRA, Chicago, CBE/CSE, Bluebook, BibTeX, dan lain-lain format penulisan yang telah resmi digunakan dan disetujui dalam dunia kepenulisan. Formt-format pengutipan tersebut juga berlaku pada saat kita mengutip dari sumber daring. Nah, yang ku-ingin sebutkan untuk kali ini adalah menggunakan format PTH atau Author, Date, Page (ADP), tanggal akses, pada waktu menyebutkan sumbernya.

Menulis Kutipan Dari Sumber Online Secara Langsung (Kutipan Langsung):

Seorang teknisi mesin fotocopy menceritakan kegigihan dari penemu mesin fotocopy dalam memasarkan karyanya, seperti ini:
Carlson yang kala itu memutuskan untuk menawarkan teknologi penggandaan dokumen temuannya ke berbagai perusahaan sangat sulit mendapatkan respon positif, ia banyak melalui berbagai macam penolakan dari para pemilik bisnis kala itu higga akhirnya ia menemukan Batelle Memorial Institute yang ditawarinya menjadi mitra. (Havia, CS, 2014,Sejarah Mesin Fotocopy, https://haviafotokopi.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-mesin-fotokopi-sejarah-dan.html, diakses tanggal 4 November 2015).




Untuk diperhatikan, penulsian kutipan diatas diletakkan secara terpisah dari badan tulisan (paparan), paragraf yang lain, karena kutipan tersebut termasuk kutipan langsung panjang (lebih dari 4 baris.) Sedangkan, untuk kutipan langsung pendek, menurut aturannya, ditulis dalam badan tulisan (diintegrasikan ke dalam teks paparan penulis). Topik ini juga sudah dibahas sebelumnya, lihat Cara-cara mengutip tulisan langsung.

Perlu juga disebutkan, pengertian kutipan langsung adalah salinan yang persis sama dengan sumbernya tanpa penambahan (Widjono, 2005: 63).

Menulis Kutipan Tak Langsung Dari Sumber Iternet

Perbedaan kutipan tidak langsung dengan kutipan langsung adalah adanya perubahan bentuk frasa atau kalimat kutipan dari apa yang ditulis oleh pengarang yang dikutip. Kutipan tak langsung adalah menyadur, mengambil ide dari suatu sumber dan menuliskannya sendiri dengan kalimat atau bahasa sendiri (Widjono, 2005: 64).

Contoh kutipan tak langsung dari internet: Diceritakan oleh seorang pemasar online mesin fotocopy (Havia, CS; 2014;Sejarah Mesin Fotocopy; https://haviafotokopi.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-mesin-fotokopi-sejarah-dan.html; diakses tanggal 4 November 2015) sebelum bertemu dengan Batelle Memorial Institute, Chester Carlson sangat sulit mendapatkan pendana untuk mengembangkan hasil temuannya.

Dari 2 contoh diatas dapat disimpulkan:
  1. Kutipan panjang ditulis pada paragraf terpisah sedangkan kutipan pendek ditulis dalam badan paparan (ter-integrasi).
  2. Penulisan sumber kutipan bisa berada di depan (sebelum kutipan ditulis) atau di belakang (setelah kutipan).
  3. Format penulsian sumber kutipan online / dari internet adalah: Nama Penulis, tahun terbit, judul, waktu akses


Perlu juga di-ingat-kan bagi para penulis karya ilmiah agar sedapat mungkin menghidari menggunakan sumber online sebagai rujukan. Jika harus menggunakan sumber online, pilihlah sumber-sumber yang telah memiliki reputasi baik, bukan ditulis oleh anonym atau penuls yang sekiranya diperkirakan tidak berkompeten untuk membahas masalah tersebut.