Tri Dharma Perguruan Tinggi & Hak dan Kewajiban Mahasiswa

Author:
Tri Dharma Perguruan Tinggi & Hak dan Kewajiban Mahasiswa:

Masih di dunia pendidikan Indonesia, kali ini kita akan sedikit menyentuh topik terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi; juga hak-hak dan kewajiba para mahasiswa kita. Postingan ini akan dibuat dengan singkat saja karena kita disini hanya ingin menampilkan untuk publik dengan tujuan sebagai pengingat sesama, terutama diri kita sendiri bahwa dalam setiap individu telah melekat padanya bermacam-macam hak dan kewajiban. Jadi sekali lagi, postingan ini untuk mengingatkan kita tentang apa sih yang menjadi Hak setiap mahasiswa serta apa juga yang mereka harus lakukan untuk memenuhi tanggung jawab mereka dengan menyandang predikat mahasiswa.
Hak dan Kewajiban Mahasiswa Bukan Hanya Wriging - Menulis
Baiklah, kita mulai saja dengan mengenal terlebih dahulu apa yang disebut dengan TRI DHARMA Perguruan Tinggi. Tri Dharma diambil dari bahasa sansekerta. “Tri” yang berarti tiga dan “Dharma” yang berarti kewajiban. Jadi, Tri Dharma merupakan asas / pondasi yang harus meneguhkan langkah para mahasiswa, dia harus menjadi pijakan untuk menjalankan misinya di Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bidang pendidikan dan pengembangan.


Kesimpulannya; Tri Darma merupakan suatu asas yang dipegang oleh setiap perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia. Setiap mahasiswa wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tri Dharma tersebut.

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tercantum dalam UU sisdiknas pasal 20 ayat 3 menerangkan bahwa kewajiban perguruan tinggi terdiri dari tiga hal, yaitu:
1. Pendidikan dan pengajaran - berarti berlangsungnya proses pewarisan ilmu pengetahuan. Disini terlihat peran guru pengajar mahasiswa yang bertukar informasi mengenai ilmu pengetahuan dan informasi yang didapat selama duduk di bangku kuliah. serta kewajiban mereka kita untuk menularkan ilmu tersebut yang lainnya.
2. penelitian dan pengembangan - penelitian berguna untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah didapat. Penelitian di perguruan tinggi juga tidak hanya dilakukan untuk penelitian yang bisa langsung diterapkan dalam jangka pendek tetapi juga sekaligus yang berguna bagi masa mendatang saat mahasiswa telah bergabung dalam masyarakat.
3. pengabdian kepada masyarakat - para mahasiswa yang telah mendapatkan ilmu pengetahuan melalui berbagai macam penelitian bisa langsung menerapkannya dengan terjun mengabdi kepada masyarakat. Terlihat jelas hasil penerapan ilmu dan penelitian yang dilakukan selama duduk di perguruan tinggi. Aktivitas ini sendiri dapat dilakukan atas inisiatif individu maupun kelompok tanpa mencari keuntungan pribadi.


Selanjutnya kita akan menuju penjabaran tentang hak dan kewajiban mahasiswa. Berikut akan kuberikan daftar yang menunjukkan masing-masing; daftar kewajiban mahasiswa dan daftar hak mahasiswa.


HAK-HAK MAHASISWA

  1. Menggunakan kebebasan akademik secara bertanggung jawab untuk menuntut dan mengkaji ilmu sesuai dengan norma dan susila yang berlaku dalam lingkungan akademik.
  2. Memperoleh pengajaran sebaik-baiknya dan layanan bidang akademik sesuai dengan minat, bakat, kegemaran dan kemampuan.
  3. Memanfaatkan fasilitas perguruan tinggi dalam  rangka kelancaran proses belajar.
  4. Mendapatkan bimbingan dari dosen yang bertanggung jawab atas program studi yang diikuti serta hasil belajarnya.
  5. Memperoleh layanan informasi yang berkaitan dengan program studi yang diikutinya serta hasil belajarnya.
  6. Menyelesaikan studi lebih awal dari jadwal yang ditetapkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  7. Memperoleh layanan kesejahteraan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.
  8. Memanfaatkan sumber daya perguruan tinggi melalui perwakilan/organisasi kemahasiswaaan untuk mengurus dan mengatur kesejahteraan, minat dan tata kehidupan bermasyarakat.
  9. Pindah ke perguruan tinggi lain atau program studi lain, bilamana daya tampung perguruan tinggi atau program yang bersangkutan memungkinkan.
  10. Ikut serta dalam organisasi mahasiswa pada perguruan tinggi yang bersangkutan.

KEWAJIBAN-KEWAJIBAN SEBAGAI MAHASISWA

  1. Mematuhi semua peraturan/ketentuan yang berlaku pada perguruan tinggi yang bersangkutan.
  2. Ikut memelihara sarana dan prasarana serta kebersihan, ketertiban dan keamanan perguruan tinggi yang bersangkutan.
  3. Ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan kecuali bagi mahasiswa yang dibebaskan dari kewajiban tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  4. Menghargai ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian.
  5. Menjaga kewibawaan dan nama baik perguruan tinggi yang bersangkutan.
  6. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional.

Itulah yang dapat kubagikan untuk sobat Havia pada kesempatan ini. Lain kali kita akan membahasnya lebih panjang lebar lagi ya... mudah-mudahan tercapai. Untuk sementara yuk simak, Apakah mahasiswa tidak butuh layanan fotocopy?