Cara Bagus Membuat Makalah Yang Baik dan Benar + Contoh Template Sederhana

Author:
Cara Bagus Membuat Makalah Yang Baik dan Benar + Contoh Template Sederhana:

Membuat makalah adalah kegiatan yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan para pelajar dan mahasiswa. Bapak ibu guru / dosen di sekolah sering memberikan tugas kepada anak didik mereka untuk menyelesaikan tugas pembuatan makalah dengan tema; topik atau judul tertentu. Sering sekali, bagus atau tidaknya sebuah makalah yang dikumpulkan kepada dosen/guru adalah tolak ukur keberhasilan mahasiswa atau siswa tersebut dalam menyerap pelajaran yang telah diberikan. Ia bisa menjadi penentu pemberian nilai untuk mata pelajaran tertentu.
Tutorial Cara Membuat Pembuatan Makalah Yang Benar Dan Sistematis
Sebelum kita mulai membahas cara-cara yang benar dan tepat untuk pembuatan makalah, ada baiknya kita terlebih dahulu membahas apa sih yang dimaksud dengan makalah?; karena dengan mengenal pengertian dan tujuan dibuatnya sebuah makalah diharapkan kita lebih memahami teknik ataupun metode-metoda membuat makalah yang baik dan benar menurut kaidah yang ada. Terlebih lagi makalah saat ini bisa dibilang sebagai kewajiban bagi para mahasiswa untuk mengetahui cara membuatnya. Untuk itu mari kita mengenal makalah terlebih dahulu sebelum kita mulai membahas teknik-teknik pembuatan makalah tersebut.



Pengertian Makalah
Makalah diketahui memiliki pengertian berbeda-beda bergantung daripada apa tujuan makalah tersebut dibuat, dapat juga berbeda menurut pakar untuk bidang-bidang keilmuan tertentu, berikut pengertian makalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

  1. tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.
  2. karya tulis pelajar atau mahasiswa yang di buat sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
  3. karya tulis ilmiah yang di tuangkan ke bentuk tulisan, lengkap dengan penjelasan dan faktor pendukung hasil penelitian kesimpulan

Sedangkan menurut Tanjung dan Ardial, Makalah merupakan sebuah karya tulis memuat pemikiran tentang sebuah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai analisis logis dan objektif.
Menurut Surakhmad makalah merupakan segala jenis/bentuk tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis baik tulisan tersebut sebagai hasil pembahasan buku ataupun hasil karangan tentang suatu pokok permasalahan.
Itulah beberapa pengertian makalah dari beberapa versi. Dari definisi-definisi makalah diatas dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwa makalah adalah suatu bentuk penulisan (karya tulis) yang ditulis secara sistematis dan objektif yang memuat tentang topik tertentu dan ditulis dan tujuan tertentu.

Macam-Macam Makalah
Setelah tadinya kita membahas apa yang dimaksud dengan makalah diharapkan kita sudah memahami apa dan bagaimana sebenarnya makalah itu sendiri. Untuk lebih bagusnya, sekarang kita akan beralih pada pembahasan mengenai macam-macam dan teknik-teknik penulisan makalah yang baik dan benar.
Berikut adalah Macam-Macam Makalah yang lazim ditemui:
1. Makalah Deduktif
Makalah dedukatif  merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang dibahas)
2. Makalah Induktif
Makalah induktif merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.
3. Makalah Campuran
Makalah campuran merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data  empiris yang relevan dengan masalah yang dibahas.
Bagi kamu yang sudah tidak sabar, bisa langsung mendownload salah satu dari contoh-contoh makalah di halaman download makalah lengkap atau ambil saja contoh makalah cara pembuatan daftar nilai praktikum yang telah kuposting secara khusus.

Sistematika Penulisan Makalah
Baiklah, diatas kita telah mengenal pengertian dan jenis-jenis makalah yang sering dijumpai di dunia pendidikan kita, sekarang kita akan beralih untuk membahas bagaimana sistematika penulisan makalah yang bagus dan benar.
Sebuah makalah yang bagus setidaknya terdiri dari bagian-bagian berikut:
1. Bagian Awal
Terdiri dari Halaman sampul,Daftar isi , dan Daftar tabel dan gambar (jika ada)
2. Bagian Inti
Terdiri dari Pendahuluan( yang menguraikan tentang: Latar belakang penulisan makalah atau topik pembahasan. Juga berisi tujuan penulisan makalah tersebut) Teks utama; dan Penutup .
3. Bagian Akhir setidaknya memuat Daftar Rujukan (Daftar Pustaka), dan Lampiran (jika ada).



Template Makalah Yang Bagus dan Benar
Berikut kubuatkan untuk kamu contoh template sebuah makalah yang mencakup elemen-elemen makalah dan sistematikan penulisan sesuai dengan apa yang telah kita bahas pada postingan kita ini. Silahkan download template makalah sederhana.

Semoga bermanfaat, jangan lupa berbagi...