Proses Cloning Hardisk Mesin FC Canon IR Semua Tipe

Author:
Proses Cloning Hardisk Mesin FC Canon IR Semua Tipe:

Semua tipe mesin fotocopy canon digital (serinya biasanya dimulai dengan iR, mis. iR6570, iR6000, iR5000, iR4570 iR300 dll) bisa di clone (cloning /digandakan). Jadi, ada hard disk yang sbenarnya dan ada hardisk hasil copy dari hardisk yang asli tersebut. Ok, sebelum kita membahas proses meng-kloning hard disk system software mesin fotocopy canon ini ada baiknya mungkin kita membahas terlebih dahulu kenapa mesti kloning dan tidak menggunakan program SST Canon yang memang sebanarnya telah dipersiapkan oleh Canon sendiri selaku pembuat mesin fotocopy tersebut.
Canon-HDD-20GB-Cloning-Steps
Untuk sobat ketahui, harga satu hardisk mesin fotocopy canon iR yang siap pakai itu bisa mencapai 4 atau lima kali lipat dari harga hard disk bekas dengan kapasitas yang sama dengan hardisk tersebut. Bayangkan saja, HD second yang bisa di clone seperti maxtor 20 GB bisa dibeli cuma dengna RP.75.000,- sampai 90 ribuan saja, sedangkan harga HD mesin fotocopy siap pakai bisa mencapai 400 ribu rupiah tergantung tipenya. Oleh sebab itulah Cloning hardsik menjadi solusi yang tepat jika anda ingin mengeluarkan dana yang jauh lebih sedikit dari sebenarnya.



Hardsik mesin FC Canon yang bisa di kloning sudah kita sebutkan. Walaupun mesin-mesin sobat tidak di list di paragraf pertama diatas, jika mesin tersebut adalah FC digital canon dengan seri Image Runner, cara ini bisa dicoba. Tentu saja dengan tick disclaimer, artinya semua jenis kerugian yang mungkin timbul akibat mencoba artikel tutorial cloning hardisk FC ini ditanggung sendiri-sendiri. Kami hanya mencoba meberikan gambaran, anda silahkan coba beserta resikonya.



Resiko pertama dan yang paling parah adalah kerusakan pada hardisk master ketika tidak teliti saat meng-klonning. Penulis sendiri pernah kebablasan mem-format salah satu partisi sehingga hardisk master tidak bisa digunakan lagi, dan ujung-ujungnya tak ada master yang bisa di clone untuk HD tersebut lalu akhirnya terpaksa menggunakan cara lain untuk memperbaiki hard disk Mesin Fotocopy itu.



Baiklah, itu saja. Mungkin sobat sudah tidak sabar lagi untuk menunggu tutorial cara meng-clone hardisknya. Yah, kalau kepingin buru-buru terus mah nanti ilmunya gak dapat dong... asal kerja mungkin cepat tapi sobat akan ketinggalan ilmu tentang pemahaman dan latar belakang kenapa cloning hardisk mesin FC canon ini bisa diandalkan.



Satu info lagi sebelum memulai proses cloning hardisknya. Cloning hardsik mesin fotocopy Canon iR sering dibutuhkan ketika mesin fotocopy menunjukkan eror e602 – e677. arti dari kode error tersebut adalah ada masalah in-out pada saat membaca atau mounting Canon system software yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin FC.



Proses penggandaan hard disk mesin fotocopy sebenarnya sangat mudah, kalau sobat sedikit mau mencoba menelusuri artikel-artikel tentang HD Cloning maka sobat bisa dengan gampang meng-clone HD FC sobat. Diantara software yang bisa diandalkan dan teruji untuk tujuan proses cloning HD FC antala lain: Norton Ghost, R-Drive Image v4.7, atau HD-clone. Sofware-software tersebut sebenarnya berbayar, tapi sobat bisa mencoba men-download yang ada versi crack-nya jika tidak mau beli.



Aturan cloning mesin FC hanya satu yakni kesamaan besar partisi asal dengan partisi tujuan. Jadi saat meng-cloning pastikan partisi lama dan baru memiliki kapasitas yang sama, jika HD master ada patisi 4 GB maka clonannya harus 4 GB juga. Nah itulah prosesnya. Cara lain, selain clonning untuk memperbaiki HD mesin fotocopy adalah menggunakan system software yang disebut dengan istilah Canon SST (Service support tools.) Program tersebut hanya diperuntukkan bagi teknisi Canon official. Semoga membantu.