Cerita Pendek Untuk Anak Islami

Author:
Cerita Pendek Untuk Anak Islami:

Mumpung Ramadhan, saatnya edukasi yang bermanfaat untuk agama dan membangun mental Islami anak-anak kita. Salah satu cara untuk mengembangkan minat dan semangat keagamaan seorang anak adalah dengan menceritakan kepada mereka cerita-cerita pendek bertemakan Islam. Ya, cerita pendek untuk anak islami bisa menjadi pemicu otak anak sehingga memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajari Islam atau berlaku sesuai dengan adab dan keberanian tokoh yang ada dalam cerita pendek anak yang dibacakan.
Kumpulan buku Cerita Pendek anak Islami
Ada banyak cerita anak islami yang bisa diceritakan kepada anak-anak muslim saat ini. Anda bisa memilih salah satu diantaranya untuk diceritakan sembari menemani mereka bermain, sesaat sebelum tidur atau ketika anda sedang menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa (ngabuburit).



Diantara cerita pendek islami yang patut dicoba adalah cerita tentang keindahan akhlak Rasulullah atau keberanian para sahabat dalam berjihad. Tentunya cara menceritakannya adalah dengan cara yang menarik sehingga anak-anak tidak merasa terlalu dibenani dengan istilah atau kata-kata yang belum mereka fahami maksudnya. Istilah Iman misalnya bisa diganti dengan keyakinan atau kepercayaan. Atau istilah Jihad diganti dengan berjuang di jalan Allah. Berperang memang salah satu dari jihad di jalan allah SWT, namun ada baiknya jihad yang diceritakan tidak untuk mengajarkan kepada anak untuk bebuat yang melanggar aturan agama seperti memaksa sesorang untuk meyakini apa yang mereka yakini.



Cerita pendek Islami ada banyak sekali. Seperti yang telah disebutkan. Selain cerita pendek tentang jihad atau kebagusan akhlak Nabi terakhir, kita juga bisa mencoba menceritakan bagiamana para sahabat taat kepada rasulullah atau ketetapan hati Bilal bin Rabbah yang notabene adalah seorang budak tetapi status budaknya tak lantas membuatnya menjadi seorang yang lemah atau mengorbankan imannya demi tuannya.



Bagi anak perempuan ada cerita tentang Istri-istri Rasulullah atau cerita pendek tentang bagaimana seorang Fatimah yang tidak lantas menjadi manja hanya gara-gara beliau adalah putri dari seorang nabi yang kedudukannya sangat tinggi di mata umatnya.



Tentang pemilihan ceita pendek, tentunya seperti yang sudah disebutkan, Anda harus memilih yang sesuai dengan keadaan saat ingin bercerita. Ada baiknya mencari waktu yang tepat untuk menceritakan tentang jihad, dan waktu yang tepat juga untuk menceritakan kedermawanan, atau sifat pemaaf yang patut diteladani. Untuk contoh-contoh cerita pendek islami bisa dicoba mengunjungi toko buku terdekat untuk mendapatkan yang sesuai, yang bergambar biasanya akan memberikan anda waktu yang singkat untuk memahaminya sebelum kembali mencetiakannya kepada putra-putri anda. Selamat mencoba ber-cerita pendek Islami. Sebagai starter anda bisa mencoba download file cerpen islami yang sudah kami berikan linknya.