MACAM-MACAM ALAT MUSIK MELODIS TRADISIONAL ASAL INDONESIA

Author:
MACAM-MACAM ALAT MUSIK MELODIS TRADISIONAL ASAL INDONESIA:

Indonesia memiliki banyak sekali alat musik dengan berbagai tipe, jenis, bentuk dan cara memainkannya. Tak kalah dengan alat-alat musik modern, semua alat musik tradisional Indonesia juga mempunyai ciri-ciri tersendiri dan khas untuk wilayah tertentu di Nusantara. Jenis alat musik melodis tradisonal contohnya. Di Negara kita banyak ditemui alat musik yang berjenis melodis. Diantaranya adalah Angklung.
Alat-Musik Melodis Tradisional Asal Indonesia
Selain Angklung, kita juga mengenal yang namanya Kolintang. Alat musik melodis tradisional ini berasal dari Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulsel) dan dimainkan dengan cara dipukul. Selain kedua alat musik melodis tersebut, masih banyak lagi yang lainnya. Diantaranya akan aku sebutkan dalam tulisan ini yang merupakan lanjutan dari artikel tentang musik melodis yang sebelumnya sudah kupostingkan.



Seperti kukatkan sebelumnya, Indonesia memiliki alat musik melodis tradisional yang tak kalah bagusnya dengan milik orang barat atau kita sebut alat musik melodis modern masa ini. Alat-alat musik ini mewakili asalnya, berkembang bersama dengan tradisi dan kebudayaan masyarakat di berbagai etnis tertentu. Tapi tentunya perbedaan alat musik tak lantas menjadi pemisah diantara berbagai kebudayaan nusantara, justri ia menjadikan keanekaragaman yang sangat luar biasa dan tak ditemui di negara lain. Berikut kusebutkan alat-alat musik melodis tradisional Indonesia dan provinsi / daerah asalnya.



-Angklung, sangat terkenal sampai ke mancanegara. Alat musik ini berasal dari Sunda (Jawa Barat) dan dimainkan dengan cara digoyang atau diguncang.
-Calung Dari Kebudayaan Sunda
-Gamelan Jawa :
Terdiri dari Bonang, Bonang Penerus, Demung, Saron, Peking (Gamelan), Kenong & Kethuk, Slenthem, Gender, Gong, Gambang, Rebab, Siter, Suling.
-Kacapi, alat musik ini pun sangat dikenal luas, berasal dari kebudayaan Sunda
-Kolintang bisa ditemui di Sulawesi Utara
-Pereret Pengasih-asih (sejenis terompet dari pulau Bali)
-Saluang, sejenis seruling bambu, berasal dari Minangkabau
-Sasando berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT)
-Talempong dari Minangkabau



Selain alat-alat musik diatas kemungkinan kita akan menemukan yang lain lagi namanya setiap daerah dengan variasi berbeda, coba kamu telusuri di museum daerah kamu. Atau amati di sekeliling kamu. Biasanya alat musik tradisional dimainkan pada acara-acara adat seperti pernikahan dan tradisi budaya lokal lainnya. Kamu bisa langsung melanjutkan ke pembahasan tentang jenis-jenis alat musik melodis dan gambarnya.