Tata Cara Penulisan Skripsi dan Tesis Yang Benar

Author:
Tata Cara Penulisan Skripsi dan Tesis Yang Benar:

Arikel kali ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan tim CS Havia dalam mengerjakan tugas pengetikan dan/atau pengeditan naskah skripsi yang diminta oleh pelanggan di tempat jilid dan skripsi kami. Kami menuliskan ini dengan format dan bentuk penulisan agar pesan dan informasi ini dapat difahami oleh siapa saja, terlebih oleh tim kami yang sedang mengerjakan tugas penulisan atau pengeditan naskah skripsi yang diminta oleh pelanggan mahasiswa. Berikut apa saja yang umumnya menjadi bagian dari tata cara penulisan skripsi yang sering masuk ke kami. List daftar ini tidak mewakili apa yang menjadi aturan terap institut, universitas ataupun fakultas tertentu. Inilah aturan-aturan umum dan cara-cara yang benar dalam mengetik naskah skripsi.
Penulisan Skripsi dan Tesis Dengan Komputer
Untuk CS dan Tim Havia, diharapkan agar memahami setiap aturan dan pedoman penulisan skripsi dan tesis secara umum yang akan diuraikan dibawah.

Ukuran Kertas, Pias dan Penomoran Skripsi

Pada umumnya ukuran kertas yang disyaratkan / diminta oleh institut atau universitas di kota mataram dan sekitarnya, terutama seputaran Havia Fotocopy adalah A4 (21 cm x 30 cm) dengan pias (jarak tulisan dari sisi / pinggir kertas) adalah sebagai berikut:
a. Pias Kiri : 4 cm
b. Pias Atas : 4 cm
c. Pias Atas : 3 cm
d. Pias Kanan : 3 cm
Pengaturan pias seperti diataslah yang sering disebut secara singkat dengan menyebutkan setting-an margin 4433.
Sedangkan untuk penomoran adalah seperti ini:
Bagian awal skripsi / tesi / karya tulis ilmiah, terdiri dari halaman-halaman seperti: halaman sampul, judul, halaman pengesahan, nota dinas pembimbing, sidang penelitian, berita acara seminar, izin penelitian, halaman motto, halaman persembahan dan lain sebagainya, termasuk abstrak dan daftar isi. Penomoran untuk halaman-halaman tersebut menggunakan angka romawi kecil dan diletakkan dibagian tengah bawah setiap halaman, kecuali untuk halaman sampul skripsi dihitung sebagai i rimawi akan tetapi angkanya tidak dimunculkan.
Bagian Isi Skripsi: Mulai dari Bab I hingga Bab V atau terakhir, angka ditulis dengan angka biasa dan diletakkan disebalah kanan atas halaman. Kecuali untuk setiap awal Bab, semua nomor diletakkan dibagian bawah halaman.
Bagian Akhir skripsi meliputi daftar pustaka dan lampiran-lampiran. Semua halaman akhir skripsi ini tidak diberi nomor.

Jenis, Ukuran dan Tampilan Huruf Skripsi dan Tesis

Aturan Pengetikan narasi / naskah skripi / tesis / tugas akhir yang ditentunkan oleh institut-institut atau universitas di seputar mataram, terutama sekitaran Tempat jilid dan skripi Havia Fotocopy adalah kira-kira seperti berikut:
a. Jenis dan ukuran Huruf: Jenis huruf (Font Size) yang diminta pada umumnya adalah dengan font Times New Roman, Arial dan Courier atau Courier New dengan ukuran 12 pt atau 11 pt, tapi kebanyakan mensyaratkan dengan ukuran 12pt dengan font Times New Roman.
b. Tampilan Huruf (Font Style) Pada Naskah Tugas Akhir (KTI/Skripsi/Tesis/disertasi) adalah penggunaan tampilan dipertebal, dimiringkan atau kedua-duanya dengan aturan:
Tebal : Digunakan Pada saat mengetik judul bab, subbab dan anak subbab
Miring : Digunakan pada saat mengetik istilah kosakata, kalimat bahasa asing, frasa atau kalimat sebagai aspek bahasa / linguistik.
Tebal Miring : Digunakan pada saat mengetik istilah kosakata, kalimat bahasa asing, frasa atau kalimat sebagai aspek linguistik pada halaman ampul atau halaman judul skripsi.

Itulah sekiranya beberapa hala yang mesti Tim perhatikan saat menulis skripsi, pastikan sobat Havia meminta detail panduan kepada calon pengguna jasa pada saat menerima job penulisan. Bila memungkinkan, mintalah buku panduan / pedoman penulisan tugas akhir yang dikeluarkan oleh institut atau universitas dimana pemberi job kuliah.
Untuk pembaca lainnya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Kemungkinan banyak yang belum dicakup dalam artikel panduan ini, atau tidak sesuai dengan yang ditemuai. Ini adalah panduan yang ditulis sebagai bagian dari briefing internal Havia Fotocopy. Selanjutnya Tim Havia juga disarankan untuk memahami teknik penjilidan skripsi yang cepat dan tepat. TY.