Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Beserta Contoh Sesuai Aturan Berlaku

Author:
Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka Beserta Contoh Sesuai Aturan Berlaku:

Dafta Pustaka dapat kita temui di hampir setiap akhir buku, jurnal ilmiah, makalah, artikel pendidikan, modul pengajaran, skripsi, tesis, disertasi dan karya tulis-karya tulis ilmiah lainnya. Daftar pustaka sesui dengan namanya, secara bebas memiliki definisi yakni daftar dari sumber-sumber rujukan dan dasar tulisan yang digunakan oleh pengarang / penulis buku yang mencantumkan daftar pustaka tersebut. Sebuah daftar pustaka biasanya memuat nama pengarang beserta nama keluarga tanpa menyebutkan gelar, nama judul buku/karya tulisnya yang digunakan, tahun penerbitan buku/jurnal/karya tulis tersebut dan penerbit buku atau halaman internet dimana karya tersebut ditemukan.
Seperti dikatakan sebelumnya, Daftar pustaka adalah kumpulan dari sumber-sumber isi suatu buku yang terletak di halaman belakang buku. Bagaimana cara menulis daftar pustaka? yuk ketahui tata cara membuat kutipan dan daftar pustaka yang sesuai dengan aturan penulisan. Pengertian Dan Tujuan Penulisan Daftar Pustaka
Berikut disebutkan beberapa aturan penulisan daftar pustaka yang yang wajib diikuti oleh penulis yang hendak menyusun daftar pustaka.

Cara-Cara Penulisan Daftar Pustaka

Untuk penulisa sebuah dafrat pustaka yang benar dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut (sumber: Pedoman Penulisan Skripsi IAIN Mataram Mataram. P.77):
=> Dimulai dengan menulis nama pengarang, tanda titik, judul buku dicetak miring, tanda titik, tempat penerbitan, tanda titik dua, nama penerbit, tanda koma, tahun penerbitan, dan tanda titik.
=> Nama pengarang ditulis sebagaimana nama pengarang secara berurutan sesuai abjad, tanpa dibalik.

Contoh Penulsan Daftar Pustaka Yang Benar Sesuai Aturan Yang Disebutkan:


Abdurrahman Wahid. Islamku, Islam Anda, Islam Kita, Agama Masyarakat Negara Demokrasi. Jakarta: The Wahid Institute, 2006.
Jalâl al-Dîn al-Suyûthî. al-Asybâh wa al-Nazhâ'ir fî al-Furû'. Indonesia: Maktabah Dâr Ihyâ' al-Kutub al-'Arabiyyah, tt.
---------. al-Rad 'Alâ Man Akhlada ilâ al-Ardhi wa Jahila ‘an al-Ijtihâd fî Kulli 'Ashrin Fardhun. Beirut: Dâr al-Fikr, 1983.

Itulah beberapa hal yang mesti diketahui tentang daftar pustaka dan cara penulisannya yang benar. Sebenarnya masih ada aturan-aturan yang lain seperti tata cara penulisan daftar pustaka yang diambil di internet, majalah, koran dll. kami akan meng-updatenya pada kesempatan lain. Ditunggu ya... Sementara itu sobat bisa membaca Pedoman Tata Cara Penulisan Skripsi Yang Benar sembari menunggu.