Memperbaiki Drum OPC & OEM Mesin Fotocopy Digital Merk Canon

Author:
Memperbaiki Drum OPC & OEM Mesin Fotocopy Digital Merk Canon: Service drum opc mesin fotocopy - Ketika terjadi masalah tidak bagusnya hasil cetakan ketika meng-copy, biasanya para teknisi akan menjurus pada Drum. Drum pada mesin FC atau printer dengan type laser jet, baik merk Canon, Hp, Kyocera, Toshiba, bishub dll. yang beredar di pasaran Indonesia, terutama ketika mesin-mesin itu adalah mesin eks pakai / second atau bekas biasanya terbagi menjadi beberapa jenis, seperti OEM (Original dar vendor / pabrikan) / Drum OPC / dan kanibalan (hasil cabutan dari MFC atau printer sudah tidak terpakai lagi.)

Drum OPC Canon Copier Repair Technique

Khusus untuk Drum OPC, terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yakni ORI/KW1/KW2/KW3 dst. Nah, akan kita bicarakan saat ini adalah ketika mesin kita sudah menggunakan yang type OPC biasanya akan mudah rusak atau masa pakainya tidak selama dan sekuat yang OEM. Itulah kenapa sering kali kita membutuhkan seorang teknisi untuk perbaikan sehingga menjadi bagus kembali atau membeli baru ketika tidak ingin memperbaiki drum opc mesin yg sudah tidak bagus lagi hasil print-an-nya.

Ketika drum opc mesin fotocopy sudah lecet, entah karena sudah terlalu banyak dipakai atau penanganan yang tidak bagus maka sering ketika memfotocopy, hasilnya jadi pudar sana sini, ada garis-garis putih dll. Untuk menghidari itu kami disini akam memberikan tips bagaimana menangani problem tersebut. Solusi yang diberikan selanjutnya semoga bisa menjadi tps panduan bagi sobat Havia pemilik usaha fotocopy agar si Drum tetap bagus / bertaham lama.

Untuk memperbaiki drum opc MFC lecet, tergores atau cacat pada fisik drum tersebut. Ketika mesin belum dibongkar & drumnya belum dibuka, biasanya drum yang rusak dengan kategiri disebutkan dapat diketahui dari hasil copy-an yang tidak bagus, dimana ada terdapat garis-garis putih diatas kertas hasil foto copy-an (hitamnya tidak merata). Selain lecet atau drumnya tergores bisa saja keadaan diatas disebabkan oleh adanya endapan toner pad permukaan drum sehingga toner tidak lagi sebersih yang bagus. Cobalah periksa fisik drum dengan cara membukanya dari mesin FC anda. Bila itu yang terjadi iktui langkah berikut:

Cara Memperbaiki Drum OPC Cacat / Tergores

Ketika drum opc mesin fotocopy Canon digital cacat bisa dicoba langkah yang akan disebutkan berikut:

  1. Periksa apakan ada goresan melingkar terlihat pada permukaan drum, coba bersihkan dengan kain halus dengan pelan -pelan usahakan untuk tetap berhati-hati. Lakukan pembersihan sampai goresan tidak nampak lagi.
  2. Jika langkah 1 diatas sudah selesai dan goresan sudah menghilang, coba pasang kembali dan tes hasilnya. jika tidak bagus, kemungkinan terjadi msalah pada cleaning blade.
  3. Jika cara 1 tidak mempan, coba lakukan pembersihan dengan menggunakan cairan khusus pembersih drum FC, seperti sanpoly.
  4. Cara yang lain, dan ini adalah langkah terakhir adalah recoating. OPC Drum Coating dilakukan dengan alat dan cara khusus. akan dibahas pada postingan lainnya.


Diatas, kami telah menyebutkan beberapa tanda-tanda yang menunjukkan kemungkinan terjadinya kerusakan pada opc mesin fotocopy, tapi mungkin saja bukan itu penyebabnya. Terjadinya hasil kopian bergaris putih memanjang bisa juga disebabkan oleh bebrapa komponen sparepart mesin fotocopy lainnya yang tidak bagus, seperti. Primary Corona / PCR FC tersebut kotor, terdapat toner di roll magnet atau di permukaan developing unit atau bisa juga Roll Transfer-nya yang tidak bersih.

Sekian dulu pembahasan mengenai memperbaiki drum ini. Kami berharap drum opc tidak lagi menjadi kendala pada saat anda mencoba memperbaiki kerusakan pada mesin fotocopy Anda. Semoga bermanfaat.