Cara Mempersiapkan Skripsi Microsoft Word .docx U/ Konversi ke PDF

Author:
Cara Mempersiapkan Skripsi Microsoft Word .docx U/ Konversi ke PDF:

Salah satu persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon wisudawan dan wisudawati di berbagai universitas dan institusi pendidikan, selain menyerahkan skripsi/tesis yang sudah dijilid buku hard cover adalah menyerahkan file digital skripsi ataupun tesis tersebut ke bagian akademik dan perpustakaan masing-masing fakultas sesuai ketentuan yang berlaku di kampus tempat sobat menimba ilmu. File digital karya tulis ilmiah yang diminta oleh bagian perpustakaan atau akademik biasanya dengan ketentuan sebagai berikut:
1. File digital skripsi / tesis harus dalam satu file utuh, tidak terpisah pisah antara halaman judul, bagian awal skripsi, isi skripsi, daftar pustaka dan lampiran-lampiran jika ada.
2. File utuh yang dimaksud harus dalam format PDF (secured atau unsecured) dan mencantumkan halaman pengesahan yang telah di-stempel basah oleh universitas / institut (file ini di scan (pindai)terlebih dahulu)
Tapi sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana caa mengyiapkan file skripsi/KTI/Tesis/Disertasi yang tentunya diketik dengan program pengolah kata seperti microsot word atau Open Office menjadi file PDF. File yang dihasilkan oleh program-program pengolah kata yagng disebutkan umumnya berekstensi .docx atau .doc. Nah, dalam artikel singkat kali ii, Tim Havia akan mencoba mengulas cara-cara mudah untuk menjawb kebutuhan tersebut. Bagaimana Mengubah File Word menjadi File PDF mulai dari menyiapkan file-file yang diketik terpisah antara tiap bagian hingga menjadi satu file utuh yang kemudian bisa kita jalankan Cara Konversi/Merubah File Microsoft Word (docx) ke PDF.
merubah file microsoft word ke pdf
Berikut CS Havia Fotocopy akan ungkap caranya satu persatu.

Menggabung file-file microsoft word yang terpisah menjadi satu file utuh

Kebanyakan para penulis skripsi dan tesis / disertasi menulis membuat ketikan setiap bagian skripsi dalam file-file tersendiri yang terpisah-pisah. Alasannya kebanyakan karena agar mudah menuliskan penomoran yang sesuai yakni, bagian awal dengan penomoran angka romawi, bagian isi dengan angka latin (biasa) dan halaman terakhir tanpa nomor atau format penomoran berbeda.

Sebenarnya untuk tujuan-tujuan yang disebutkan dalam alasan diatas bisa teratasi dengan adanya fitur section break yang disediakan microsoft word. Jadi setiap footer dan header dari seksi-seksi (section) tidak terpaut ke seksi sebelumnya. (Tutorial untuk ini akan dibuatkan secara terpisah pada up-date selanjutnya).
Jadi, gunakan fitur section break yang dipersiapkan microsoft office word untuk menggabungkan setiap file skripsi anda yang terpisah menjadi satu file utuh. Jangan lupa selipkan file halaman pengesahan skripsi/tesis yang sudah dipindai sebelumnya.

Merubah File Microsoft Word (.docx) Ke File PDF

Langkah ini jauh lebih mudah dari proses sebelumnya, yang perlu dilakukan hanyalah memamnfaatkan program konversi file word to PDF yang bisa didownload secara gratis di interbet atau gunakan fitur print to pdf file yang disediakan oleh software pembaca file pdf seperti Adobe PDF Reader atau Foxit Reader. Selesai, akhir dari file yang diharapkan adalah berupa sebuah file digital skripsi / tesis lengkap dalam bentuk PDF yang bisa langsung dimasukkan ke CD (dengan di-burning ) dan siap diserahkan ke bagian akademik atau perpustakaan kampus.