Tips Agar Mesin Fotocopy Awet Dan Tahan Lama

Author:
Tips Agar Mesin Fotocopy Awet Dan Tahan Lama: Memelihara mesin fotocopy, sama halnya dengan alat-alat elektronik lainnya. Mesin fotocopy membutuhkan perawatan dan cara penanganan yang tepat agar dapat terus memberikan manfaat kepada pemiliknya. Ada banyak tips dan trik yang mesti diketahui oleh para pemilik mesin fotocopy agar mesin yang mereka miliki tahan lama dan berkerja untuk jangka waktu yang lebih dari/mencapai masa pakai yang semestinya.
Mesin Fotocopy Agar Awet - foto Mesin
Banyak diatara pemilik mesin fotocopy mengeluhkan tentang mesin fotocopy mereka yang tiba-tiba tidak berfungsi padahal belum beberapa bulan digunakan, itu bisa jadi adalah pengaruh kelalaian si empunya sendiri. Untuk itu dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa hal yang mesti diketahui oleh para pemilik mesin fotocopy, baik untuk usaha atau untuk kantoran. Ikuti tips cara merawat mesin fotocopy berikut agar awet.

Inilah Tips Dan Cara Merawat Mesin Fotocopy Agar Awet:
1. Hindari penempatan di ruangan berdebu atau terlalu dingin
Debu dapat mempengaruhi kinerja dan masa pakai sparepart-sparepart tertentu di mesin fotocopy. Banyak pengguna yang menggunakan mesin fotocopy di toko atau ruko yang berhadapan langsung dengan ke arah jalan sehingga menyebabkan banyak debu yang menempel pada mesin fotocopy. Bagi anda yang memiliki usaha fotocopy, sebaiknya memiliki pembatas yang menghalangi masuknya debu ke mesin-fotocopy. Usahakan selalu membersihkan mesin fotocopy, terutama bagian-bagian yang memungkinkan debu masuk ke alat-alat bagian dalam mesin. Lakukan pembersihan setiap hari agar debu tidak menumpuk dan sebelum menjadi penyebab masalah. Sedangkan ruangan yang terlalu dingin (seperti raung ber AC) akan mempengaruhi kinerja sistem pemanasan pada mesin fotocopy, terutama mesin analog.
2. Perhatikan Toner Yang Anda Gunakan
Penggunaan toner yang salah dapat mengakibatkan kerusakan pada drum mesin fotocopy. Saat ini banyak penjual toner yang mendaur ulang toner mesin fotocopy yang telah digunakan (baca: limbah) kemudian dibungkus seperti toner baru. Pastikan Anda membeli toner dari penjual terpercaya sehingga kemungkinan membeli toner limbah dapat dihindari. Perhatikan juga jenis toner, apakah sesuai dengan mesin fotocopy Anda. kesesuaian toner dengan mesin biasanya tertulis dalam kemasan toner yang tersedia di pasaran.
3. Hindarkan Mesin Fotocopy Anda Dari Binatang Pengerat Seperti Tikus.
Tikus banyak menyebabkan kerusakan pada mesin fotocopy. Biantang pengerat yang satu ini selain sering memutus kabel-kabel instalasi mesin, juga sering mengakibatkan bebrapa part lainnya menjadi rusak akibat air kencingnya. Ini pengalaman para teknisi mesin, kami tidak hanya berbicara teori. Keadaan mesin yang sudah menjadi korban tikus akan menghabiskan banyak tenaga dalam memperbaikinya. Bagi pemilik yang tidak mampu memperbaiki sendiri tentunya akan mengeluarkan banyak dana tambahan untuk perbaikan.
Itulah setidaknya beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mesin fotocopy menjadi awet dan tahan lama digunakan. Semoga bermanfaat.