Objek Wisata Air Terjun Sendang Gile - Lombok Utara, NTB

Author:
Objek Wisata Air Terjun Sendang Gile - Lombok Utara, NTB: Berwisata di Lombok memang tidak ada habisnya, alam menawarkan begitu banyak keindahan dan pesonanya di pulau yang oleh para wisatawan sering disebut sebagai pulau perawan ini. Selain objek wisata pantai dan budaya, alam Lombok juga menawarkan banyak air terjun-air terjun yang indah dengan usasana pegunungan yang khas. Air terjun Sendang Gila (baca gile, seperti penyebutan masyarakat sekitar) yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah salah satu objek wisata air terjun yang sudah banyak dikenal dan menjadi destinasi pavorit wisatawan lokal hingga mancanegara. Destinasi wisata Sendang Gile masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air Terjun Sendang Gile berada di 600 meter atas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian terjunan setdaknya 31 meter. Air terjun memiliki dua tingkatan, dimana tingkat pertama berasal dari atas tebing dan tumpah ke dasar kolam yang berada dibawahnya. Selanjutnya dari tumpahan pertama yang membentuk kolam ini air meluncur ke ketingkat kedua hingga membentuk jatuhan air ke sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai tumpahan air terjun Sendang Gile relatif datar, hal inilah yang membuat banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk mandi, berenang kecil dan main air bersama keluarga.

Ada mitos-mitos dan legenda yang sering diceritakan tentang air terjun Sendang Gile, konon air terjun ini ditemukan oleh warga yang pada masa itu sedang mengejar seekor singa gile dari pemukiman penduduk, singa tersebut lari ke arah hutan dan tempat ditemukannya air terjun saat ini adalah tempat menghilangnya singa gila tersebut sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Senggang Gila (Singa Gila), lambat laun penyebutannya berubah menjadi Sendang Gile (Sendang Gila). Masyarakat sekitar juga meyakini bahwa jika seseorang mandi atau mencuci muka di kolam dari air terjun Sendang Gile maka ia akan menjadi setahun lebih muda.