Format Dan Teknik Penulisan Skripsi IAIN Mataram

Author:
Format Dan Teknik Penulisan Skripsi IAIN Mataram: Postingan kali ini kita akan mencoba membantu sobat havia yang sering lupa dengan buku panduan penilisan skripsi, khususnya mereka yang sedang bersibuk ria dengan tugas akhir penulisan karya ilmiah yang merupakan syarat untuk mendapatkan gelar yang diinginkan (Sarjana S1 atau setara). Namun dalam kaitan dengan apa yang akan kami sebutkan disini, kami hanya akan menuliskan apa-apa yang termasuk kedalam teknik penulsian berupa jenis kertas, penomoran, jenis font, pengaturan margin (pias) jarak antara pinggir kertas dengan tulisan dan semisalnya yang berkaitan langsung dengan apa yang sering ditemui dan ditanyakan oleh para pelanggan kami di Havia Fotocopy.
Logo IAIN Mataram - Format Penulisan Skripsi
Tata cara penulisan skripsi yang akan kami sebutkan adalah bersumber dari petunjuk resmi yang dikeluarkan oleh Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram. Ditampilkan dalam blog ini sebagai acuan saat mengerjaan pekerjaan mengetik tugas akhir (skripsi) yang merupakan satu dari layanan kami. Berikut format penulisan tugas akhir yang kami maksudkan.

Pedoman Penulisan Tugas Akhir (Skripsi, Thesis, Disertasi ) IAIN Mataram




A.  Jenis dan Ukuran Kertas
          Proposal dan skripsi harus ditulis dengan menggunakan jenis kertas HVS berukuran A-4 (21 cm x 29,7 cm) dengan tebal 70 miligram.

B.  Ukuran Pias
          Pengetikan dilakukan dengan ukuran pias(areal kosong antara pinggir kertas dengan pinggir luar teks) adalah sebagai berikut:
1. pias kiri 4 cm,
2. pias kanan 3 cm,
3. pias atas 4 cm, dan
4. pias bawah 3 cm.

C.  Jumlah Halaman
          Jumlah halaman skripsi yang ditulis dalam bahasa Indonesia minimal enam puluh halaman, sedangkan jumlah halaman skripsi yang ditulis dalam bahasa asing minimal  lima puluh halaman.

D.  Jarak Spasi 
          Skripsi ditulis dengan jarak baris 2 spasi.

E.  Jenis dan Ukuran Font
          Jenis font yang digunakan dalam penulisan proposal dan skripsi adalah Times New Roman dengan ukuran 12 pt.

F.  Penomoran  
          Halaman bagian awal proposal dan skripsi menggunakan angka Romawi kecil (i, ii, iii, vi, dan seterusnya). Halaman isi proposal dan skripsi  yang dihitung mulai dari bab pendahuluan sampai bab penutup menggunakan angka Arab 1, 2, 3, dan seterusnya.
Nomor halaman bagian awal proposal dan skripsi seluruhnya ditulis di bagian bawah pertengahan antara margin kiri dan kanan dengan jarak 1,5 cm dari margin bawah. Nomor halaman isi proposal dan skripsi ditulis di bagian pojok kanan atas dengan jarak 1,5 cm dari margin atas dan 0 cm dari margin kanan, kecuali halaman pertama pada setiap bab yang ditulis di bagian bawah tengah antara margin kiri dan kanan dengan jarak 1,5 cm dari margin bawah.
          Nomor bab ditulis dalam angka Romawi besar, subbab dengan huruf kapital, anak subbab dengan angka Arab, bagian dari anak subbab dengan huruf kecil. Untuk bagian selanjutnya ditulis dengan angka yang diikuti kurung penutup, dan berikutnya dengan huruf kecil yang diikuti kurung penutup.
Contoh:                                    BAB I
                   A.
                   1.
                   a.
                   1)
                         a)
                         (1)
                         (a)
                 B dan seterusnya.

G.  Standar Ejaan
          Skripsi ditulis dengan menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan standar (EYD).

Itulah beberapa aturan yang mesti diikuti ketika menulis skripsi bagi mereka yang kuliah di IaIN Mataram. Pada postingan selanjutnya kami akan mencoba membahas satu persatu secara lebih mendetail hingga ke teknik cepat dan tanpa perlu pusing memikirkan deadline penulisan.