Wisata Air Terjun Tiu Kelep - Lombok Utara, NTB

Author:
Wisata Air Terjun Tiu Kelep - Lombok Utara, NTB: Air terjun tiu Kelep berada di daerah kabupaten Lombok Utara, tepatnya lokasi air terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tempat ini masih termasuk kedalam wilayah Taman Nasional Gungung Rinjani dan airnya berasal dari danau segara anak yang terdapat di puncak gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia ini.


Tinggi terjunan Air Terjun Tiu Kelep mencapai kurang lebih 42 meter, kondisinya bertingkat-tingkat dengan air yang cukup deras dan cukup besar. Air jatuhan dari air terjun ini membentuk kolam yang tidak begitu dalam, hanya sebatas pinggang orang dewasa, hal ini menjadikan kolam tersebut sebagai kolam air terjun yang aman bagi para pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air bersama keluarga.  Sama dengan air terjun Sendang Gile, air terjun tiu Kelep juga memiliki mitos yang serupa, yakni air dari kolamnya bisa memberikan efek meremajakan bagi orang-orang yang mandi atau mencuci muka dengan airnya di tempat tersebut.

Dalam Bahasa Sasak "Tiu" berarti air dan "kelep" berarti terbang, sehingga gabungan kata keduanya menjadi "air terbang". Disebut demikian oleh masyarakat sekitar karena air jatuhan dari air terjun ini menimbulkan buih-buih yang beterbangan sehingga sering kali memunculkan pelangi saat diterpa oleh sinar matahari.