--> NgePrint Dengan Mesin Fotocopy Sebagai Printer, Ini Caranya. | (HCC)

NgePrint Dengan Mesin Fotocopy Sebagai Printer, Ini Caranya.

Author: CS Havia
NgePrint Dengan Mesin Fotocopy Sebagai Printer, Ini Caranya. : Pada prinsipnya, mencetak dokumen (nge-print), baik itu menggunakan mesin (perangkat) printer biasa maupun memakai mesin fotocopy adalah sama. Proses mencetak dengan kedua alat tersebut akan dapat dilakukan jika pada komputer / laptop penggunanya telah ter-install software / driver / program khusus yang sesuai dengan tipe / seri mesin printer / fotocopy tersebut. Khususnya untuk mesin fotocopy, ada beberapa tipe mesin lama (umumnya yang masih bertipe analog, seperti kebanyakan Canon dengan seri NP) tidak dapat digunakan untuk mencetak dari perangkat lainnya (komputer, dsb.) dan hampir semua seri mesin fotocopy yang lebih baru memungkinkan penggunanya mencetak melalui perangkat luar.  Nah, kali ini kita akan mencoba menjabarkan kepada sahabat Havia Fotocopy, cara menggunakan mesin fotocopy sebagai perinter. Termasuk didalamnya mengenai perangkat-perangkat tambahan (aksesories yang dibutuhkan) serta langkah-langkah mengkoneksikan kedua alat tersebut (Mesin fotocopy dengan komputer / laptop) dengan cara yang sedetail mungkin.



Canon Copier Printing Support - IMage Runner Series
Canon Copier Printing Support - IMage Runner Series
Setidaknya, ada dua cara yang dapat dipilih oleh pengguna ketika ingin menhubungkan komputer dengan mesin fotocopy sebgai printer yakni dengan Kabel RJ45 melalui fitur Network Interface Card (NIC) yang biasa disebut dengan istilah Canon Network Card oleh banyak kawan-kawan teknisi. Kedua, dengan menggunakan kabel USB. Berikut penjelasan mengenai kedua cara mengkoneksikan komputer dengan mesin fotocopy tersebut :

1. Menggunakan Koneksi Jaringan
Bagi para pengguna yang mesin fotocopy-nya terlah dilengkapi dengan fitur networking (ditandai dengan adanya perangkat ( komponen tambahan) berupa NIC (Network Interface Card / Modem), bisa memanfaatkan fitur ini ketika hendak menghubungkan mesin fotocopy miliknya dengan komputer sehingga bisa digunakan sebagai mesin printer. Pastikan juga, komputer / laptop yang digunakan telah men-support penggunaan pada jaringan, ditandai dengan adanya colokan RJ45 (modem ethernet) pada perangkan komputer / laptop tersebut.

Langkah-Langkah Menghubungkan Mesin Fotocopy Dengan Komputer Menggunakan Fitur Jaringan:

Pengangkat tambahan kebutuhan lainnya:
1. Kabel LAN dengan sambungan tipe cross (Bila ingin menghubungkan hanya satu komputer 1 printer)
2. Driver Canon Network Printing

Langkah-Langkahnya:
  1. Pastikan bahwa driver untuk modem (NIC) pada komputer yang akan digunakan untuk mengkoneksikan fotocopy berkerja dengan baik, periksa di Window Device Manager
  2. Download driver Canon Network Printing, pilih yang tipe UFR, Sahabat Havia  Fotocopy bisa mendownloadnya dari dari situs resmi Canon, cek di halaman download driver mesin. Ekstrack file-kedalam sebuah folder khusus misal "Driver Mesin Fotocopy Canon IR6570", masuk ke langkah selanjutnya
  3. Sambungkan komputer dengan mesin fotocop dengan kabel LAN
  4. Tambahkan Printer, caranya:
  • Setting IP Address pada mesin fotocopy dengan cara menekan "*"(tombol additional function )->system setting->network setting->TCP/IP-> masukkan IP address (misal 192.168.0.1)
  • Setting IP address komputer dengan subnet yang sama dengan yang ada dimesin fotocopy ( ganti angka terakhir dengan angka yang lain, misal 192.168.0.2)
  • Masuk ke windows control panel->Printer And Faxes -> Add Printer -> Local Printer That Attached To This Computer - > Create New Port - Standard TCP/IP Port - Next - Next -> Masukkan IP mesin fotocopy yang telah kita setting sebelumnya -> beri nama pada Port Name -> Next - Next - Have Disk - masuk ke folder driver yang sudah di download dan di extract sebelumnya. pilih sesuai tipe mesin.
  • Selesai.

2. Menggunakan Kabel USB
Beberapa mesin fotocopy Image Runner telah terpasang fitur print via usb connetions, silahkan download drivernya melalui link resmi Canon Support Site yang telah disebutkan diatas (sesuai tipe mesin anda). Install driver seperti printer kebanyakan, sambungkan komputer dengan fotocopy menggunakan kabel usb, selesai. Itu saja. Sepertinya yang ini lebih mudah, bukan begitu? Selamat mencoba....

Itulah cara mengkoneksikan mesin fotocopy dengan komputer dan selamat sekarang and sudah bisa mempotocopy dari komputer... Silahkan bertanya melalui link komentar bila ingin mendapatkan penjelasan lebih lanjut atau ada yang kurang paham. Salam Havia..

Canon imageRUNNER ADVANCE 4045 / 4051

Canon ImagerRunner Advance 4045 | 45 di 4051 | Dapat memindai hingga 51 ppm, dan 51/51 IPM (simpleks, 300dpi, bw/color). Menawarkan pengirim...

------