Manfaatkan "Canon Network Card" Yang Tersedia Di Mesin Fotocopy Canon Anda

Author:
Manfaatkan "Canon Network Card" Yang Tersedia Di Mesin Fotocopy Canon Anda: "Canon Network Card" bila diterjemahkan secara gamblang kedalam Bahasa Indonesia artinya "Kartu Jaringan Canon" sering juga disebut Network Interface Card (NIC). Komponen ini dapat ditemui di berbagai tipe mesin Fotocopy Canon yang umumnya baru-baru ini banyak digunakan di Indonesia, terutama di mesin-mesin Canon dengan seri ImageRunner seperti IR 6570, IR5579, IR5000, IR6000 dan seri-seri IR lainnya. Komponen ini (CNC / Canon Network Card / NIC (Network Interface Card) ) memberikan kemampuan kepada mesin-mesin fotocopy Canon untuk menjawab kebutuhan para penggunanya terhadap fitur networking / jaringan, baik dalam lokal maupun jaringan internet.

Canon Network Card / Netwok Inteface Card / NIC
Ilustrasi Penggunaan Canon Network Card / Netwok Inteface Card / NIC / Ethernet Modem
Diantara yang fitur jaringan yang dapat di manfaatkan dengan adanya komponen jaringan pada mesin Fotocopy Canon ini (Menggunakan Canon Network Card) diataranya :


1. Print dari komputer (Desktop / Laptop) melalui jaringan lokal
Bila komputer desktop / laptop anda telah terpasang atau memiliki kemampuan jaringan, Anda bisa memanfaatkan fitur Canon Network Card untuk menghubungkan komputer anda dengan mesin fotocopy canon yang anda miliki, dengan begitu anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mem-print / mencetak / fotocopy langsung dari komputer Anda.

2. Berbagi satu printer dalam satu jaringan 
Dengan kemamapuan jaringan yang diberikan melalui Canon Network Card, para penggunanya tentu saja bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membuka akses kepada seluruh anggota tim / seluruh karyawan terpilih untuk menyambungkan komputer kerja mereka dengan mesin fotocopy canon yang tersedia dalam jaringan. Dengan begitu semua anggota tim bisa menggunakan mesin tersebut untuk mem-print, scan dan atau menggunakan fitur penyimpanan / harddisk mesin fotocopy untuk menyimpan file data yang akan di print di kemudian waktu melalui fasitlitas maibox yang tersedia.

3. Kemampuan mengirim email / surat elektronik langsung dari mesin Fotocopy
Tentu saja ini membutuhkan jaringan interenet. Bila mesin fotocopy Canon yang memiliki fitur networking dengan Network Card terpasang, maka para pengguna bisa memanfaatkannya fitur ini untuk mengirim email langsung dari mesin fotocopy.

4.  Memanfaatkan Mesin Fotocopy Sebagai Pemindai Melalui Komputer
Dengan dukungan teknologi yang diberikan oleh Canon berupa Network ScanGear, para pengguna bisa memanfatkan fasilitas scanning mesin fotocopy mereka untuk memindai (scan) langsung dar ikomputer, terntunya dengan berbagaai software yang memiliki fasilitas pemindaian seperti, foxit Reader, Microsot Office Tools, Photoshop  atau bawaan langsung system operasi yang terpasang.

5. Sambungan SST (Service Support Tools / Canon SST)
Service Support Tools adalah sebuah software yang terpasang di komputer. Software / program komputer ini dirilis oleh perusahaan Canon sebagai alat untuk memudahkan para teknisi terlatih mereka ketika hendak memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi pada mesin-mesin fotocopy Canon yang diprogram untuknya, seperti Hard Disk Formatting, memperbaharui firmware dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang dapat dimanfaatkan dari mesin Fotocopy Canon berbagai seri dengan adanya komponen yang disebut dengan istilah Canon Network Cards. Tim Havia Fotocopy akan membahasnya satu persatu dalam publikasi selanjutnya. Stay tune....