Apakah Berbeda? - Memahami Perbedaan Jurnal Ilmiah, Makalah dan Paper!

Author:
Apakah Berbeda? - Memahami Perbedaan Jurnal Ilmiah, Makalah dan Paper!: Tulisan ini akan membahas tentang pengertian masing-masing yang telah disebutkan; paper, Jurnal Ilmiah dan Makalah. Ketiga jenis karya tulis atau jenis tulisan tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri yang terkadang sangat sulit untuk dibedakan oleh para pemula, mahasiswa semester bawah atau mereka yang baru mulai menekuni dunia tulis menulis. Secara umum kesemua jenis dan nama-nama atau istilah-istilah di atas adalah sama, yakni tulisan-tulisan yang dibuat sebagai catatan atau untuk di presentasikan kepada orang lain dengan metode atau cara-cara tertentu.

Mengenal Perbedaan jurnal Ilmiah, Paper dan Makalah

Namun begitu, ada bentuk-bentuk penulisan atau syarat-syarat dan aturan-aturan penulisan yang harus dipenuhi agar sebuah karya tulis dapat disebut sebagai makalah, paper atau jurnal ilmiah. Berikut akan disebutkan satu persatu.

Pengertian Jurnal Ilmiah, Paper dan Makalah.


Untuk memahami apa yang disebut dengan Makalah, Jurnal Ilmiah atau paper kita akan mulai dengan menelusuri pengertian dari kesemua yang telah kusebutkan. Inilah dia pengertian makalah, jurnal ilmiah dan paper menurut para ahli dan kamus-kamus istilah kepenulisan yang kutemukan.
Pengertian Makalah Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia - KBBI



Pengertian Makalah Menurut Ahli 1994
Pengertian Makalah Menurut ahli 2 - Tanjung dan Ardial
Pengertian Makalah Menurut Badan Standarisasi Nasional - SNI

Ciri Ciri Jurnal Ilmiah:
Karakteristik dan Ciri-Ciri Jurnal Ilmiah
Selanjutnya, kami telah mengumpulkan berbagai sumber yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai rujukan yang tepat untuk mempelajari lebih jauh mengenai makalah, serta jurnal ilmiah dan paper, berikut untuk kita, kami dan kamu dapat mempelajarinya:
1. http://fk.uns.ac.id/static/file/Langkah_publikasi_internasional_solo_oktober2015.pdf
2. http://simlitabmas.dikti.go.id/fileUpload/pengumuman/Standar-Dasar-E-Journal-Materi-Pelatihan-Akreditasi-Edit.pdf.
3. http://pps.unj.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Standar-Publikasi-Artikel-Ilmiah-yang-Bereputasi-Internasional-Wasmen.ppt.
4. http://rachmatkriyantono.lecture.ub.ac.id/files/2015/09/Rachmat-for-FORDEK-2015-baru.pdf
5. https://manshurzikri.files.wordpress.com/2010/05/paper.doc
6. http://seminar.fe-unimal.org/tata-cara-penulisan-paper.pdf.
7. http://pn-bandung.go.id/uploads/file/Makalah.pdf.