Pengertian Penelitian, Hakikat Penelitian Pendidikan

Author:
Pengertian Penelitian, Hakikat Penelitian Pendidikan: Apakah Penelitian itu? Well, itulah yang akan kita coba bahas pada kesempatan yang sederhana ini. Kita akan membahas apa yang dinamakan dengan istilah penelitian, maksud dari penelitian dan apa saja syarat-syarat sebuah penelitian yang dapat dikatakan sebagai satu kegiatan untuk menciptakan satu penemuan ilmiah. Hakikatnya, Penelitian ilmiah itu adalah suatu usaha untuk menemukan, kegiatan pengembangan, dan mengetes (menguji, pengujian, dsb) suatu bidang ilmu (pengetahuan) dengan cara menerapkan metode-metode ilmiah. Sedangkan, batasan-batasan tentang rumusan-rumusan yang digunakan untuk penelitian ilmiah oleh para pakar dirumuskan secara berbeda-beda, ada beberapa perbedaan cara para pakar merumuskan batasan tentang pengertian atau definisi penelitian, baik penelitian itu bertujuan untuk mencari kebenaran atau dengan tujuan sebuah pendekatan ilmiah.

Apa Arti definisi dan pengertian dari Hakikat Penelitian Pendidikan

Apakah Hakikat Penelitian Pendidikan Itu?



Umumnya, sebuah penelitian disebutkan sebagai sebuah proses (kegiatan) pengumpulan data dan meng-analisis data yang dilaksanakan dengan jalan yang sistematis dan logis yang bertujuan untuk mencapai kesimpulan-kesimpulan tertentu. Pengumpulan dan analisis data tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan metode-metode ilmiah, metode-metode penelitian tersebut bisa bersifat kualitatif ataupun kuantitatif. Metode-metode yang disebutkan (kualitatif dan kuantitatif) telah melalui berbagai pengujian yang dilaksanakan secara intensif sehingga saat ini sudah menjadi prosedur-prosedur yang dianggap baku dalam dunia penelitian.

Pengertian Penelitian, Hakikat Penelitian Pendidikan



Tujuan penelitian diataranya adalah untuk mengupayakan perkembangan ilmu pengetahuan atau mengembangkan dan menguji sebuah teori atau gabungan dari pendapat-pendapat yang diketahui. Pada lingkup upaya mengembangkan ilmu pengetahuan, Welberg (1986) menyebutkan ada lima langkah pengembangan pengetahuan melalui penelitian, yaitu:
  1. mengidentifikasi masalah penelitian
  2. melakukan studi empiris
  3. melakukan replikasi atau pengulangan
  4. menyatukan (sintesis) dan mereviu, dan
  5. menggunakan dan mengevaluasi


Dikemukakan oleh Sukardi (2005), terdapat ciri-ciri penelitian yang memiliki dasar positivis, antara lain:
  1. Menekankan objektivitas secara universal dan tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu.
  2. Menginterpretasi variabel yang ada melalui peraturan kuantitas atau angka.
  3. Memisahkan antara peneliti dengan objek yang hendak diteliti.
  4. Menekankan penggunaan metode statistik untuk mencari jawaban permasalahan yang hendak diteliti.


Sumber-Sumbr Rujukan Untuk Lebih Memahami tentang Hakikat Penelitian Pendidikan:
  1. PENELITIAN PENDIDIKAN.pdf (Departemen Pendidikan Nasional - download sini)
  2. HAKEKAT PENELITIAN PENDIDIKAN.PDF (download sini)
  3. Hakikat Penelitian Pendidikan (Sebuah Rangkuman Singkat - download sini)
  4. PENGANTAR TENTANG PENELITIAN PENDIDIKAN (download sini)