Observasi, Jenis-Jenis dan Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Author:
Observasi, Jenis-Jenis dan Pengertian Observasi Menurut Para Ahli: Seorang siswa diminta untuk mengamati reaksi sebuah benda padat ketika terkena suatu cairan kimia tertentu, atau seorang mahasiswa sedang melakukan pengamatan perilaku ternak unggas selama mengerami telurnya untuk mendapatkan data-data tentang segala tindak-tanduk atau apapun yang dilakukan oleh unggas tersebut dalam menjaga agar telurnya menetas dengan sempurna. Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk kedalam kegiatan observasi. Istilah Observasi atau mengamati/pengamatan bisa disematkan untuk hal-hal yang seperti disebutkan. Akan tetapi kami akan membahas Observasi sesuai dengan apa yang telah dikemukakan oleh para pakar dalam-buku-buku mereka. Harapannya, agar kita dapat lebih memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan observasi, jenis-jenis observasi serta pengertian-pengertian observasi menurut pendapat para ahli di bidangnya masing-masing.

Pendahuluan; Pengantar-observasi

Daftar Pengertian-Pengertian Observasi Menurut Para Ahli


Menurut Kartono (1980: 142), pengertian observasi adalah: “studi yang disengaja dan sistematis tentang fenomena sosial dan gejala-gejala psikis dengan jalan pengamatan dan pencatatan”. Kemudian, Banister dkk, 1994 dalam Poerwandari 1998: 62, menyebutkan bahwa 'Semua bentuk penelitian psikologis, baik itu kualitatif maupun kuantitatif mengandung aspek observasi di dalamnya. Istilah observasi diturunkan dari bahasa Latin yang berarti “melihat” dan “memperhatikan”'. Selain kedua pengertian diatas juga didapati beberapa pendapat-pendapat dari para ahli mengenai pengertian Observasi terkait dalam teknik-teknik pengumpulan datas, sebagai berikut:

Pengertian Observasi Menurut Guba dan Lincoln



  1. Patton (1990: 201 dalam Poerwandari, 1998: 63) menegaskan observasi merupakan metode pengumpulan data esensial dalam penelitian, apalagi penelitian dengan pendekatan kualitatif. Agar memberikan data yang akurat dan bermanfaat, observasi sebagai metode ilmiah harus dilakukan oleh peneliti yang sudah melewati latihan-latihan yang memadai, serta telah mengadakan persiapan yang teliti dan lengkap.
  2. Gall dkk: Observasi merupakan salah satu metode pengumpulan data dilakukan dengan mengamati perilaku dan lingkungan, baik sosial dan material dari individu atau kelompok yang diamati.
  3. Gibson, R.L.: Observasi adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurutkan judul dalam membuat keputusan dan kesimpulan tentang orang lain yang diamati, meskipun pengamatan ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi juga dengan penggunaan metode lain dari penilaian.
  4. Mitchell. M.H: Observasi adalah teknik yang dapat digunakan untuk mengurutkan judul dalam membuat keputusan dan kesimpulan tentang orang lain yang diamati, meskipun pengamatan ini tidak bisa berdiri sendiri, harus dilengkapi juga dengan penggunaan metode lain dari penilaian.
  5. Kartono: Observasi adalah studi yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis tentang fenomena acara sosial serta berbagai fenomena psikis melalui pengamatan dan pencatatan.
  6. Sugiyono: Menurut dia, dalam arti pengamatan sederhana adalah proses penelitian dalam pandangan situasi penelitian. Pengamatan ini sangat relevan jika digunakan untuk penelitian atau kelas PTK tindakan yang terdiri dari pengamatan proses pembelajaran, sikap siswa dan perilaku juga interaksi antara siswa dan siswa lain dan siswa dengan guru.
  7. Karl Welck: Menunjukkan bahwa pengamatan mencatat, memilih, encoding, konversi dari serangkaian suasana hati dan perilaku yang terkait dengan organisasi sesuai dengan tujuan empiris. Menurut Arikunto, observasi adalah usaha sadar untuk mengumpilkan data dilakukan secara sistematis dengan prosedur standar.
  8. Dan pendapat-pendapat lainnya tentang pengertian dan definisi Observasi menurut para tokoh-tokoh di bidang tertentu, baik akademik maupun non akademik. Selanjutnya Tim Fotocopy Havia akan menyebutkan bebrapa pembahasan lainnya terkait dengan observasi sebagai bagian dari teknik pengumpulan data.


Berikut Bahan-Bahan rujukan untuk mempelajari lebih detail dan mendalam tentang observasi sebagai bagian dari kegiatan pengumpulan data dalam proses penelitian ilmiah, termasuk didalamnya segala bentuk dan jenis-jenis observasi beserta syarat-syarat sebuah kegitan pengamatan bisa disebut sebagai tindakan observasi.
  1. Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian (PDF - download sini)
  2. Gambaran Umum Teknik Pengumpulan Data (PDF - download sini)
  3. Teknik Pengumpulan Analisis Data (PDF - download sini)
  4. Data dan Analisis (Microsoft Word - dowload sini)
  5. Memahami Individu Dengan Observasi (Mic. Powerpoint - unduh sini)
  6. Jenis-Jenis Observasi (Mic. Powerpoint - download sini)


Itulah pengertian dan jenis-jenis observasi menurut berbagai kalangan ahli. Kami akan membahas pada kesempatan yang lain, segala sesuatu yang terkait di dalamnya, terutama yang menyangkut dengan penelitian ilmiah, khususnya pengumpulan data.