Pengertian Disiplin, Definisi Disiplin Menurut Para Ahli

Author:
Pengertian Disiplin, Definisi Disiplin Menurut Para Ahli: Para ahli men-definisi-kan dan memberikan apa itu pengertian daripada disiplin sesuai dengan bidang keilmuan atau menurut pendapat mereka masing-masing. Kata Disiplin sering kita dengar di dalam kehidupan kita, baik sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, pengusaha, pimpinan sebuah perusahaan, dan lain sebagainya. Istilah disiplin juga sering kita dengar dipakai oleh berbagai kalangan masyarakat, baik kelas menengah, bawah atau kalangan atas, baik secara individu, kelompok, organisasi, sosial dsb.

Pengertian dan Definisi Disiplin Menurut Para Ahli

Saking seringnya mendengar kata disiplin, banyak dari kita yang akhirnya penasaran tentang pengertian kata disiplin sesungguhnya. Namun begitu, secara umum kita akan setuju bahwa dalam mengerjakan apapun, tugas apapun, misi apapun, keberhasilan atau tinggi-rendah-nya tingkat ke-ber-hasil-an-nya sangat ditentukan oleh disiplin atau tidaknya palaksana tugas tersebut. Yup, Disiplin Memiliki tujuan yang sangat jelas, yakni agar apapun pekerjaan yang dilaksanakan, dengan tujuan apapun, hasil yang akhirnya akan baik dan maksimal.



Menurut apa yang ku-faham-i, disiplin itu memiliki arti sebuah ketetapan hati dan tindakan untuk melaksanakan segala tugas atau rencana, ilmu pengetahuan, dan keyakinan dalam segala sendi kehidupan kita. Itu menurut saya, lalu apa sebanarnya pengertian dan definisi disiplin menurut para ahli? Yuk kita bahas disini.



Sebelum kita masuk kepada pendapat-pendapat para ahli yang memang sering digunakan dalam berbagai penulisan tentang disiplin dan yang terkait dengan kata tersebut, kita akan mencoba mengutip apa yang dikatakan Wikipedia untuk kata disiplin. Berikut apa definisi disiplin yang terdapat di ensiklopedia bebas tersebut.
Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.


Sedangkan kata "Discipline" yang merupakan padanan kata disiplin dalam Bahasa Inggris didefinisikan seperti berikut dalam laman Wiki Berbahasa Inggris:
Discipline is the suppression of base desires, and is usually understood to be synonymous with restraint and self-control.


Kemudian, disiplin, ketika kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akan kita temui kata disiplin disebutkan dengan arti seperti berikut:
disiplin/di·sip·lin/ n 1 tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dan sebagainya); 2 ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya); 3 bidang studi yang memiliki objek, sistem, dan metode tertentu;
-- ilmiah 1 cara pendekatan yang mengikuti ketentuan yang pasti dan konsisten untuk memperoleh pengertian dasar yang menjadi sasaran studi; 2 cabang ilmu;
-- nasional kondisi yang merupakan perwujudan sikap mental dan perilaku suatu bangsa ditinjau dari aspek kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan peraturan dan hukum yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara;
berdisiplin/ber·di·sip·lin/ v menaati (mematuhi) tata tertib;
mendisiplinkan/men·di·sip·lin·kan/ v membuat berdisiplin; mengusahakan supaya menaati (mematuhi) tata tertib


Untuk lebih memahami apa kata disiplin, disinilah kita sebaiknya menggunakan pengertian dan definisi disiplin seperti apa yang difahami oleh para ahli dan pakar. Berikut ini Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli:
  1. John Macquarrie, dalam dunia etika: Disiplian itu diartikan sebagai kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah di atur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis merupakan perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.
  2. Pratt Fairshild, dalam dunia Sosiologi: Disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial. Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang mempunyai sikap disiplin merupakan orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam kelompok atau lingkup sosial masing-masing. Pengaturan tingkah laku tersebut bisa diperoleh melalui jalur pendidikan dan pembelajaran.
  3. James Drever, dalam dunia psikologis: Disiplin merupakan kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah di atur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis merupakan perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.


Kesimpulan yang dapat diambil dari apa-apa yang disebutkan tentang definisi displin menurut para ahli diatas diantaranya; disiplin adalah sebuah sikap wajib, harus dimiliki individu. Disiplin menjadi penentu berhasil-atau-tidaknya sebuah misi dan target dalam kehidupan. Untuk menjadi prilaku yang memiliki sikap disiplin juga harus dilalui dengan berbagai jenis latihan atau pembiasaan diri untuk melaksanakan tugas-tugas yang diemban secara bertanggung jawab, perilaku disiplian seyogyanya muncul dari keinginan yang kuat sang pelaku.

Definisi disiplin secara singkat dan padat adalah: Ketaatan/kepatuhan terhadap tata tertib, baik yang dibuat sendiri atau merupakan tanggung jawab dari luar dirinya.