--> Contoh Variabel Penelitian, Contoh Variabel Bebas, Variabel Terikat, dst... | (HCC)

Contoh Variabel Penelitian, Contoh Variabel Bebas, Variabel Terikat, dst...

Author: CS Havia
Contoh Variabel Penelitian, Contoh Variabel Bebas, Variabel Terikat, dst... : Ada setidaknya enam jenis variabel dalam peneliatian, yakni Variabel Bebas (Variabel Independen), Variabel Terikat atau Dependent atau variable Output atau Kriteria atau Konsekuen, Variabel Intervening / Antara, Variabel Moderator, Variabel Kontrol dan Variabel kontinum. Dalam setiap jenis-jenis penelitian, macam-macam variabel yang telah disebutkan selalu mendapat jatah tempat yang istimewa. Variabel dalam penelitian ilmiah merupakan faktor-faktor yang penting dalam kegiatan penelitian.

variabel variabel dalam penelitian ilmiah pendidikan dan non pendidikan

Dalam penelitian ilmiah apapun, entah itu adalah peneliatian kuantitatif (penelitian eksperimen, penelitian survei, penelitian korelasional, dst.) atau peneltian kualitatif (penelitian studi kasus, penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan deskriptif, dst.) pastinya kita akan menemukan istilah-stilah variabel. Untuk lebih jelasnya, sebelum kita mengarah kepada pemberian contoh-contoh variable sesuai dengan jenisnya, kita akan mencoba memahami arti, definisi atau pengertian dari varabel itu sendiri agar kita lebih dapat membedakannya dengan istilah-istilah lainnya dalam dunia penelitian.



Yup, seperti kita kemukakan diatas, ada banyak macam-macam variabel dalam penelitian, lalu apa sebenarnya variabel itu? Variabel dalam penelitian adalah seluruh komponen yang akan digunakan peneliti dalam penelitian-nya agar mendapat suatu hasil yang tertentu sesuai dengan yang diinginkan sebagai kesimpulan / hasil dari penelitiannya.



Seperti telah kita sebutkan diatas, ada setidaknya 6 jenis variabel dalam penelitian, mari kita membahasnya satu persatu. Dalam hal ini kita akan mencoba menggunakan beberapa contoh peneliatian untuk mendekatkan kita kepada pemahaman tentang jenis-jenis dan fungsi atau bentuk daripada variabel yang dimaksud.

1. Variabel Bebas (Variabel Independen)
Variabel Bebas atau juga dikenal dengan istilah variabel Independent adalah merupakan variabel yang diduga memiliki fungsi sebagai penyebab timbulnya variabel yang lain. Biasanya variabel bebas akan dimanipulasi, diamati dan diukur dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap variabel lainnya. Secara singkat, variabel bebas adalah variabel yang dapat mempengaruhi atau menjadi penyebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat). Variabel bebas memiliki fungsi utama sebagai acuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel lain.

Contoh Variabel bebas dalam penelitian: Dalam penelitian pertanian (misalnya), "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI BELIMBING (Studi Kasus Dalam Sebuah Daerah)" (anda bisa mendownload skripsi tersebut untuk dijadikan contoh, unduh dengan meng-klik tautan.) Dari judul tersebut dapat ditentukan variabel-variable bebasnya (misalnya) terdiri dari Luas Lahan, Jenis Pupuk, insektisida dll. Faktor-faktor yang disebutkan bisa mempengaruhi variable yang lain. variabel bebas tersebut memungkinakan untuk dimanipulasi dengan menambah atau mengurangi jumlahnya selama proses penelitian.

2. Variabel Terikat atau Dependent
Jenis variabel kedua adalah variabel terikat atau disebut juga dengan istilah dependent atau variable Output atau Kriteria atau Konsekuen. Ia adalah hasil / akibat yang ditimbulkan oleh variabel bebas. variabel ini merupakan hasil yang timbul sebagai akibat langsung dari manipulasi dan pengaruh variabel bebas. Dalam sebuah penelitian variabel tergantung diamati dan diukur untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas. Disini variabel dependen juga disebut dengan variabel terikat yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel tergantung berfungsi untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas.

Contoh Variabel Terikat dalam sebuah penelitian; Dalam penelitian yang disebutkan pada jenis variabel pertama, tanaman belimbing atau lebih jelasnya, jumlah / kualitas produksi tanaman belimbing di suatu daerah tempat penelitian merupakan variabel terikat. Jumlah produksi buah belimbing diperhatikan atau diteliti tingkat produksinya dengan memanipulasi luas lahan, kuantitas pupuk buatan, atau jumlah pekerja yang menangani perkebunan belimbing tersebut.

Kemudian, jenis-jenis variabel yang lain secara berurutan adalah Variabel Intervening / Antara, Variabel Moderator, Variabel Kontrol dan Variabel kontinum. Aku sengaja tidak menjelaskannya disini, tapi aku sudah menyiapkan bebrapa file unduhan yang dapat sobat download dan pelajari. Kesemuanya dalam berbagai bentuk file yang mungkin sobat inginkan. Ini dia:
1. VARIABEL PENELITIAN.pdf (berisi 24 halamn pdf yang membahas tentang pengertian dan definisi variabel-variabel penelitian pendidikan, jenis varabel, serta contoh variabel lengkap.)
2. Pengertian Variabel Peneliatian.Pdf (Berisi ringkasan tentang definisi variabel pendidikan menurut para ahli disertai beberapa contoh sederhana.)
3. Resume Variabel penelitian.PDF (Berisi ringkasan yang singkat namun berisi semua informasi yang mungkin kamu butuhkan untuk memahami tentang variabel dalam penelitian )
4. Rancangan Penelitian.doc (sebuah dokumen berbentuk microsoft office word yang membahas mengenai seluk beluk penulisan penelitian, tentunya juga berisi pembahasan tentang variabel penelitian.)

Tugas: Jika setelah membaca file-file yang ku-saran-kan untuk kalian download, dan masih belum mudeng juga, coba ulangi lagi dan baca dengan teliti hingga kalian memahaminya

Canon imageRUNNER ADVANCE 4045 / 4051

Canon ImagerRunner Advance 4045 | 45 di 4051 | Dapat memindai hingga 51 ppm, dan 51/51 IPM (simpleks, 300dpi, bw/color). Menawarkan pengirim...

------