Satuan Jumlah Yang Umum Kita Dengar Dan Artinya (RIM, KODI, GROSS, LUSIN)

Author:
Satuan Jumlah Yang Umum Kita Dengar Dan Artinya (RIM, KODI, GROSS, LUSIN):

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah 1 Rim, 2 Kodi, 3 Gross, 4 Lusin, dst. Apa sebenarnya maksud / arti dari istilah-istilah satuan tersebut? Kita bahas yuk....
Penjelasan tentang 1 rim itu berapa, 1 lusin itu berapa, 1 gros dan kodi juga berapa.
Ternyata masih banyak yang belum mengetahui berapa jumlah satuan yang diwakili dengan masing-masing istilah yang disebutkan diatas. Sebut saja kertas 1 rim tidak banyak yang mengetahui bahwa 1 rim kertas itu berapa jumlahnya. Untuk itulah kita akan menjabarkannya disini. Berikut break down-nya:



RIM / 1 RIM = 500 lembar - satuan ini biasanya digunakan untuk menyebutkan jumlah 500 lembar kertas. Jadi, misalkan seseorang membeli kertas sebanyak 20 rim, berapa rim kertas yang telah dia beli? jawabannya adalah 20 X 500 = 10.000 kertas. Begitu juga ketika kita menyebutkan bahwa sebuah mesin fotocopy dapat mencetak cepat sebanyak lebih dari 25 rim dalam kurang 1 jam, maka wow!, mesin fotocopy tersebut nge-print cepat dong ya..., bisa mencetak 25 x 500 = 12500 ribu lembar kertas dengan waktu yang sangat singkat, kurang dari 1 jam.


KODI / 1 KODI = 20 buah - satuan jumlah ini biasanya digunakan untuk menyebutkan jumlah satuan di industri garmen/pakaian. Misalkan seorang tim pemasar pakaian jadi di tanah abang mengatakan bahwa dia telah berhasil menjual 20 kodi celana pantai dalam waktu 1 minggu, jika ditanya berapa buah celana yang sudah dijualnya?, maka rumus yang kita gunakan untuk menghitungnya adalah 20 X 20 = 400 buah celana.


LUSIN / 1 LUSIN = 12 buah - sering digunakan untuk menyatakan satuan jumlah berbagia jenis barang, seperti sendok, piring, peniti, jarum, penjepit rambut dsb. Juga sering digunakan untuk menyebutkan satuan alat-alat tulis seprti buku dan lainnya. Misalnya seorang anak mengatakan bahwa ibunya telah membelikan 3 lusin buku sebagai hadiah ulang tahunnya, maka jumlah buku tersebut adalah 3 X 12 = 36 buah buku.


1 GROSS = 144 buah = 12 Lusin - sering digunakan untuk menyebutkan satuan jumlah alat-alat tulis kantor seperti polpen, buku, penggaris, penghapus, pensil dsb. Jadi, misalkan seorang kurir mengatakan bahwa dia telah mengantar 10 gross polpen ke pemesan, maka jumlah polpen yang sudah diantarnya tersebut adalah 10 X 144 = 1440 buah polpen telah diantarnya.


Itulah satuan ukuran jumlah yang umumnya kita dengar --sering sekali--- beserta artinya. Semoga bermanfaat buat kawan havia fotocopy.