Makalah Tentang Landasan Teori Psikologi Pendidikan

Author:
Makalah Tentang Landasan Teori Psikologi Pendidikan:

Makalah berikut berisi tentang landasan teori psikologi pendidikan. Kenapa harus mempelajari teori prikologi untuk pendidikan dan bagaimana menerapkan teori psikolog untuk meningkatkan mutu dan hasil pendidikan adalam artian peningkatan pencapain peserta didik dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Makalah ini mungkin dibutuhkan oleh para mahasiswa dan pendidik yang sedang mendalami teori pendidikan. Ia bisa menjadi stimulan atau sebagai contoh makalah tentang teori prikologi pendidikan.



Ringkasan dari Isi makalah tentang Landasan Teori Psikologi pendidikan ini:

1. Landasan psikologi merupakan pemahaman terhadap peserta didik yang berkaitan dengan aspek kejiwaan. Landasan psikologi memiliki peran dalam dunia pendidikan baik itu dalam belajar dan pembelajaran. Pengetahuan tentang psikologi sangat diperlukan oleh pihak guru atau instruktur sebagai pendidik, pengajar, pelatih, pembimbing, dan pengasuh dalam memahami karakteristik kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta secara integral. Pemahaman psikologis peserta didik oleh pihak guru atau instruktur di institusi pendidikan memiliki kontribusi yang sangat berarti dalam membelajarkan peserta didik sesuai dengan sikap, minat, motivasi, aspirasi, dan kebutuhan peserta didik, sehingga proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung secara optimal dan maksimal.

2. Dalam teknologi pendidikan diperlukan teori psikologi ( psikologi pendidikan dan psikologi belajar ), karena subjek dalam teknologi pendidikan adalah manusia ( peserta didik ). Setiap peserta didik memiliki karateristik tersendiri yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu diperlukanlah teori psikologi. Selain itu juga, dalam membuat strategi belajar dan untuk mengetahui tehnik belajar yang baik maka terlabih dahulu kita sebagai guru harus mengerti ilmu jiwa.

silahkan mendownloadnya dari Landasan Teori Psikologi Pendidikan.pdf.