Contoh Recount Text: Unforgettable Holiday at Lombok

Author:
Contoh Recount Text: Unforgettable Holiday at Lombok:

Sebagaiman kita ketahui bersama bahwa Recount Text adalah sebuah jenis text (gaya tulisan / genre) dalam Bahasa Inggris yang mana tulisan tersebut menceritakan kembali (mengulang) sebuah pengalaman; yakni "experience" atau kegiatan kita dimasa yang telah lampau. O ya, tulisan ini sebenarnya dibuat untuk melengkapi tulisan sebelumnya, yakni contoh Procedure Text.
Contoh Recount TEXT: Holiday AT Lombok Island
Recount text itu terkadang terlihat sama dengan narative akan tetapi keduanya tentu saja berbeda, namun begitu ada persamaan antara keduanya, dimana kedua-duanya sama-sama bertujuan untuk menceritakan sebuah kejadian di masa yang telah lalu (lampu).



Dalam Bahasa Inggris pengertian recount Text dituliskan dengan definisi seperti ini:

Recount is a text which retells events or experiences in the past. Its purpose is either to inform or to entertain the audience. There is no complication among the participants and that differentiates from narrative


Terjemahannya: Recount adalah teks yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman di masa lalu. Tujuannya adalah untuk menginformasikan atau menghibur pembaca. Tidak ada komplikasi antara para peserta, itu yang membedakannya dari narasi.



Perbedaan antara recount text dengan narative text terletak pada cara dan tujuan penulisannya, tentu saja. Ketika Recount Text biasanya ditulis untuk menceritakan sesatu yang terjadi di masa lampau dengan cara singkat dan bertujuan untuk menghibur atau sekedar ber-cengrama saja, sedangkan narative text (tulisan narasi) biasanya ditulis dalam bentuk yang lumayan panjang, narative text bisa terdiri dari berpuluh-puluh, bahkan ratusan halaman cerita, seperti cerita rakyat, nover, the great narative (kisah-kisah hidup para nabi, raja-raja yang tertulis sejarah dsb.)



Baiklah, kita dah membahas recount text sekaligus juga kita telah menyinggung apa sebenarnya perbedaan antara recount text dengan narative, pun kita sudah juga sedikit mengulas persamaannya. Kita akan kembali kepada tujuan dibuatnya postingan ini, Contoh unik sebuah Recount text tentang the unforgettable Holiday at Lombok. Ini dia.



Last Sunday, Me and and my co-worker went to Lombok with our Team members. I drove the car and my co-worker sat beside me. And the rest team member sat in the back seats.
We woke very early in that morning. I prepared the car in the garage while my co-worker was preparing nasi bungkus for for our breakfast and some snacks for us. The rest team-member packed their own travel bags. After everything got ready and we all had our breakfast, we left the Office at 8 o'clock am.
In this holiday they they vissitted Senggigi, the three gilis (Meno Air and Gili Trawangan). In Senggigi they did sun bathing while in the 3 gili island they enjoy snorkeling.
We drove back to the office at 11 o'clock and. We were tired but happy, it was an unforgettable holiday at Lombok.



Itulah contoh sebuah recount text yang unik tentang perjalanan wisata di Lombok, ada yang ingin menambahkan?