Software Canon SST v4.11, Apa Sih Fungsinya?

Author:
Software Canon SST v4.11, Apa Sih Fungsinya?: Beberapa waktu yang lalu, Tim Havia memposting sebuah link download yang di khususkan untuk sobat teknisi mesin fotocopy, khususnya Mesin dengan merk Canon. Banyak yang sudah mendownloadnya, tahu cara menggunakannnya dan mengerti apa sebenarnya yang diperlukan untuk menjalankan software tersebut. Tetapi, banyak juga diantara pengunjung blog Havia fotokopi yang bukan teknisi, yang walaupun dalam postingan tersebut sudah dijelaskan bahwa mungkin software ini tidak akan berguna bagi sobat yang belum memiliki kemampuan / pengetahuan minimal untuk menjalankan software tersebut sehingga tentunya setelah mengunduh dan meng-install-nya, mereka sibuk mencari-cari tombol apa yang harus ditekan, tercari-cari bagaimana menghubungkan perangkat dengan komputer, dan lain sebagainya. Sehingga akhirnya, mereka memutuskan untuk kembali menghubungi kami untuk mendapatkan panduan cara menggunakan software Canon SST yang telah di downloadnya.


Dengan alasan tersebut, serta dikarenakan keadaan yang sebenarnya, bahwa kami mungkin tidak memiliki waktu yang cukup untuk selalu online untuk memeriksa setiap email yang masuk, mengetik jawaban setiap kali ada permintaan panduan dan agar kami tidak harus menjawab email yang masuk satu persatu dengan kalimat dan model arahan yang sama, kami akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah postingan yang khusus menjawab pertanyaan tersebut, semoga ini bermanfaat.

Apa Itu Canon SST?

Canon  SST adalah sebuah software khusus yang dibuat oleh perusahaan, Canon Inc., software ini berfungsi sebagai sebuah "Power Tool" bagi para teknisi mesin fotocopy mereka, untuk mendeteksi kerusakan atau memperbaiki kerusakan yang berkaitan dengan sistem operasi, seperti kerusakan hardisk sehingga harus di format ulang / diganti, meng-upgrade FW (firmware) ke versi yang lebih tinggi, membuang / menambah fitur-fitur tertentu, dll sebagainya. SST sendiri adalah singkatan dari "Service Support Tool".

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Dapat Menjalankan Canon SST?

Seperti program-program komputer lainnya, Canon SST juga memiliki "minimal system requirements", seperti: komputer yang menjalankan software ini harus mendukung secara software, yakni berbasis Microsoft Windows(Win 98, XP, Vista, atau lainnya ), perangkat komputer tersebut juga harus mendukung secara Hardware, seperti terdapatnya slot untuk memasang kabel penghubung semisal Network Card, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan merujuk pada buku panduan pengguna Canon SST yang sudah kami bagikan sebelumnya, unduh Canon SST User Manuals.

Canon SST Tidak Akan Berguna Tanpa Firmware.

Kenapa judul paragraph yang satu ini harus berwarna merah? Jawabannya: Ini lah yang sering tidak diperthatikan atau belum diketahui oleh kebanyakan teknisi pemula. Sebuah software SST beserta komputer dan kabel penghubung saja belumlah cukup untuk menjadikan alat ini berfungsi sebagaimana yang diinginkan (memperbaiki atau mendeteksi kerusakan), software SST harus memiliki informasi tentang mesin fotocopy yang akan di deteksi atau diperbaiki, informasi-informasi tersebut tercakup dalam sekumpulan file yang disebut dengan istilah firmware. Dan setiap mesin fotocopy memiliki firmware yang khusus untuk mesin tersebut, Canon iR 6570 memiliki firmware sendiri, iR6000 punya sendiri, begitu juga mesin-mesin lainnya. Jadi, SST tidak akan berguna tanpa Firmaware. Pastikan sobat teknisi sudah mengantongi firmware-firmware tersebut sebelum menjalankan program SST.

Keadaan Fatal!

Sebagai informasi tambahan dan untuk melengkapi disclaimers / kalimat-kalimat sanggahan yang telah kami sertakan dalam setiap file unduhan yang kami bagikan secara publik melalui blog Havia Fotocopy, kami mendapatkan info bahwa ada keadaan tertentu dimana software SST bisa menyebabkan kerusakan total pada perangkat mesin sehingga harus mengganti salah satu bagian tertentu (Spare Part Inti, seperti ROM dll.) disebabkan oleh kesalahan dalam penggunaan program ini (kelalaian pengguna). Gunakan software SST sesuai panduan dan pahami betul sebelum mengeksekusi perintah apapun melalui software.

Semoga bermanfaat.